Kegunaan Vacuum Pack Machine Yang Harus Anda Tahu!

vacuum pack frozen food
admin Avatar

Penggunaan jual vacuum pack machine atau mesin vacuum pack sangat umum ditemukan terutama di industri makanan. Apalagi untuk makanan mentah dan segar yang pasti harus dijaga kualitas serta kesegarannya.

Hanya saja, sebenarnya apa kegunaan dari mesin vacuum pack ini, ya? Agar lebih jelas, Anda bisa simak dulu rangkuman penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

Menambah Umur Penyimpanan

Penelitian telah membuktikan bahwa penggunaan mesin vacuum pack bisa meningkatkan umur penyimpanan makanan hingga empat kali lipat umur penyimpanan aslinya. Maka dari itu, tak heran jika mesin ini banyak dimanfaatkan untuk produk makanan segar yang akan disimpan di dalam freezer untuk jangka panjang, seperti daging merah dan ikan segar.

Mengurangi Kerugian Produk Selama Penyimpanan

Kegunaan mesin vacuum pack yang satu ini masih berkaitan erat dengan poin di atas. Karena mesin vacuum packing bisa memperpanjang umur penyimpanan, kerugian produk selama penyimpanan pun bisa diminimalisir. Terutama kerugian yang dipicu oleh rusaknya produk selama disimpan.

Sebagai Pelindung dari Kontaminan Eksternal

Kantong yang biasa digunakan untuk mesin vacuum pack umumnya memiliki ketebalan yang cukup baik. Dengan begitu, proses packing vacuum yang dilakukan pun juga bisa melindungi produk makanan tersebut dari berbagai kontaminan eksternal. Misalnya debu, serangga, dan kelembapan.

Menjaga Kualitas Rasa dari Bahan Makanan

Tak hanya memperpanjang masa penyimpanan dan menjaganya steril dari kontaminan, tahukah Anda bahwa vacuum pack machine rupanya juga bisa menjaga kualitas rasanya? Terutama untuk daging yang sudah menjalani proses curing.

Mengeliminasi Penggunaan Bahan Pengawet

Mesin vacuum packing bisa mengawetkan bahan makanan bahkan tanpa harus menggunakan bahan pengawet buatan. Dengan campuran oksigen yang tepat untuk menahan gas, produk yang disimpan dengan vacuum packing bisa bertahan lebih lama.

Opsi Pengemasan yang Cepat dan Efisien

Dengan memilih hanya vacuum pack machine yang memang berkualitas, plus bahan packing yang tepat, proses vacuum sealing bisa mempermudah Anda dalam menjual produk makanan segar. Sebab, produk jadi bisa langsung dijual tanpa harus menggunakan packing tambahan.

admin Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *