Perbedaan Juice Extractor dan Blender yang Perlu Anda Ketahui

gelas berisi jus dari juice extractor
admin Avatar

Perbedaan terbesar antara juice extractor dan blender terletak pada cara kerja masing-masing alat saat memproses buah dan sayur menjadi jus. 

Pada dasarnya, perbedaan dalam cara kerja itulah yang menjadi alasan mengapa juice extractor bisa menghasilkan jus yang bersih tanpa ampas.

Apa Itu Blender?

Blender memang sering digunakan untuk membuat jus. Akan tetapi, seperti yang tentu juga sudah Anda ketahui, alat yang satu ini sangat multifungsi dan bisa Anda gunakan untuk mencampur hingga menghancurkan berbagai jenis bahan.

Pembuatan jus menggunakan blender berlangsung sangat cepat sehingga cocok buat Anda yang sering terburu-buru. Bahkan, saat ini ada juga blender portable ukuran personal yang bisa Anda bawa ke mana saja.

Apa Itu Juice Extractor?

Sementara itu, juice extractor merupakan alat yang secara spesifik bisa memisahkan cairan dari bagian-bagian padat sayur atau buah yang diolah dengan alat ini. Dengan begitu, kulit, biji, maupun daging buah benar-benar dilumat sampai halus tanpa ada ampas sama sekali.

Karena cara kerjanya, jenis alat pembuat jus yang satu ini pun butuh waktu lebih lama saat memproses buah dan/atau sayur menjadi jus. Meski begitu, kandungan nutrisi dan seratnya bisa dibilang sama persis dengan yang terdapat pada buah dan/atau sayur sumbernya sehingga tidak berkurang sama sekali.

Membedakan Blender dengan Juice Extractor

Sampai di sini, sudahkah terbayang apa yang benar-benar membedakan kedua jenis alat tersebut?

Secara garis besar, juice extractor dapat mengekstrak cairan jus dari buah dan sayur agar terpisah dari bagian padatnya dengan cara menghancurkan, menggilas, atau memeras sampai seluruh cairan keluar. Dengan begitu, jus yang dihasilkan benar-benar cair tanpa ada ampas.

Sementara itu, blender tidak bisa memisahkan cairan jus dari daging buah, biji, ataupun kulitnya. Sebab, fungsi blender sebatas menghancurkan dan mencampur (blend) bahan-bahan yang diolah dengan alat ini. 

Apabila cairan jus yang dibuat dengan juice extractor lebih encer, beda dengan jus yang dibuat menggunakan blender. Ketika Anda memakai blender untuk membuat jus, Anda bisa bandingkan bahwa cairan jusnya lebih kental.

Tak hanya itu saja, blender juga bisa digunakan untuk menghancurkan es batu seperti yang sudah biasa Anda lihat atau bahkan lakukan sendiri. 

Sedangkan juice extractor tidak bisa digunakan untuk menghancurkan es batu mengingat fungsinya memang hanya untuk memproses buah dan/atau sayur menjadi jus.

admin Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *