Cara Melakukan Paling Tepat Menghitung Kebutuhan Besi CNP Pada Rangka Atap

besi cnp
admin Avatar

Pada saat Anda sedang merencanakan konstruksi pada rangka atap, aspek yang tidak kalah penting untuk selalu diperhatikan adalah melakukan perhitungan pada besi CNP. Besi ini memiliki bentuk seperti huruf C yang sering dipakai pada konstruksi rangka atap karena ketahanan dan kekuatan yang dimilikinya. Artikel kali ini, kita akan membahas cara melakukan perhitungan kebutuhan besi CNP yang tepat. 

Tentukan Ukuran dan Bentuk Atapnya

Hal pertama ketika Anda akan menghitung kebutuhan dari besi CNP adalah dengan menentukan ukuran serta bentuk atapnya. Ukuran dari atap akan sangat menentukan panjang dan juga lebih kerangka, sementara bentuk atap pastinya akan ada yang miring, datar maupun melengkung dimana hal tersebut akan berpengaruh pada jumlah komponen dan konfigurasi di kerangkanya. 

Hitung Luas Atap

Bila Anda sudah mengetahui ukuran besi CNP dan atap, maka langkah berikutnya adalah melakukan perhitungan pada luas atap dengan cara kalikan panjang dan lebar dari atap tersebut. Luas pada atap tersebut akan dipakai untuk menghitung berapa jumlah besi. CNP yang nantinya Anda perlukan. 

Tentukan Jarak Antar CNP

Jarak antara CNP nantinya juga akan sangat berpengaruh terhadap jumlah besi yang Anda perlukan. Jarak tersebut umumnya akan ada di kisaran 60 cm sampai 120 cm, tergantung dari keperluan beban atap dan strukturalnya. 

Semakin rapat jarak antara CNP satu dengan lainnya, maka akan semakin banyak besi yang Anda butuhkan. Oleh sebab itu, hitung dengan teliti dan seksama agar nantinya kebutuhan Anda bisa terpenuhi dengan baik. 

Hitung Jumlah CNP yang Digunakan Untuk Rangka Atap

Agar Anda bisa menghitung jumlah CNP, hanya tinggal membagi luas atap dan jarak antar CNP dalam satuan meter. Jumlah tersebut nantinya harus Anda bulatkan ke bagian atas agar bisa mengakomodasi keperluan struktural. Misalnya, bila luas dari atap Anda berada di 100 m² dan jarak di antara CNP 1 meter, maka nantinya jumlah CNP yang Anda butuhkan 100 buah. 

Tentukan Panjang dari CNP

Panjang pada besi CNP akan tergantung dari bentuk atapnya serta dimensi kerangka. Pada atap dengan kondisi datar, maka panjang CNP harus sama dengan lebar rangkanya. Sedangkan, pada atap yang miring, panjang untuk CNP dapat dihitung berdasarkan teorema Pythagoras dan atap dengan konstruksi melengkung, panjang dari CNP dapat dihitung dengan memakai prinsip geometri

Kebutuhan Besi CNP

Kebutuhan dari besi CNP bisa dilakukan perhitungan dengan cara mengalikan berapa jumlah CNP dengan panjang CNP. Hasilnya nanti akan memberikan berapa total panjang dari besi CNP yang dibutuhkan dalam satuan meter. 

Agar lebih memudahkan dalam pengukuran serta pemasangan nantinya, besi CNP akan dipotong menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lokasi. Hal tersebut juga akan membuat berat besi CNP berkurang dan mudah diangkat ke atas. 

admin Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *