6 (Enam) Jenis Cat untuk Lantai Keramik

cat untuk lantai keramik
admin Avatar

Jika ingin perubahan suasana, atau untuk menutupi cacat kerusakan atau bekas noda yang membandel dengan biaya yang lebih murah daripada harus mengganti seluruh lantai, maka bisa cat saja lantai keramik. Berikut ini adalah beberapa jenis cat untuk lantai keramik.

Cat PU (Polyurethane Flooring)

Pelapis jenis poliuretan atau PU awet dan merupakan solusi ekonomis yang tepat untuk lantai garasi, atau ruang pamer, atau gudang atau lantai pabrik. Tahan goresan dan benturan ringan, berdaya rekat tinggi, tahan kelembapan, dan tahan lecet juga gesekan. Hasil akhirnya halus, juga termasuk tahan UV. Tidak akan mudah menguning atau pudar jika terkena sinar matahari langsung. 

Meski agak sulit dibersihkan jika sudah terkena noda, dan tidak tahan terhadap bahan kimia yang keras. Cat PU berbahan dasar air atau pelarut, akan menghasilkan lapisan lantai yang sempurna apabila permukaan lantainya benar-benar kering. Dalam proses pengecatannya biasanya perlu beberapa lapisan.

Cat Epoxy

Cat ini mampu bertahan hingga bertahun-tahun dengan perawatan yang minimal. Tahan terhadap abrasi dan noda, cocok untuk area dengan lalu lintas yang tinggi seperti di garasi atau dapur. Banyak digunakan pada bangunan industri atau komersial sebab tahan lintasan yang berat, tahan terhadap bahan kimia dan mudah dibersihkan. Meski tidak cukup tahan terhadap sinar UV dari matahari sehingga cenderung lebih cepat menguning. Perhatikan area dekat jendela atau pintu. 

Cat ini perlu waktu pengeringan yang lebih lama, juga perlu beberapa jenis perlu curing tambahan. Cat lantai epoxy biasanya terdiri dari dua komponen, yakni resin epoxy dan pengeras. Ada beragam jenis pelapisnya, baik yang memiliki pelarut ataupun yang tidak. Tersedia dalam berbagai warna dan hasil akhir, termasuk glossy dan matte. Dari segi harga adalah yang termahal jika dibandingkan jenis cat lainnya. 

Cat Urethane

Sifatnya lebih fleksibel dan tahan terhadap goresan serta perubahan suhu. Juga tahan terhadap banyak bahan kimia. Mudah diaplikasikan dan biasanya memiliki waktu pengeringan yang lebih cepat dibanding cat epoxy. Meski tak sekuat cat epoxy dalam menahan abrasi yang sangat tinggi. Harganya masih lebih tinggi dibanding cat akrilik.

Cat Karet Klorinasi atau Akrilik Latex

Cat ini cocok untuk area dengan lalu lintas yang rendah hingga sedang, seperti untuk lantai kolam renang, di kandang, dan gudang serta toilet. Bersifat tahan air juga bahan kimia. Perawatannya mudah sebab cat ini juga tahan panas, dan minyak, serta bahan kimia. Bisa tahan kendaraan yang berat. Cepat keringnya, dan mudah diaplikasikan dengan kuas atau roller. 

Meski tak sekuat cat epoxy atau urethane, dan memerlukan perawatan yang lebih sering. Tersedia dalam banyak pilihan warna. Harganya  lebih murah jika dibandingkan cat epoxy dan urethane.

Cat Berbasis Minyak atau Oil Based Paint

Lebih tahan terhadap air dibanding cat berbasis air. Memiliki daya sebar yang lebih baik dengan lapisan yang lebih tebal. Meski pengeringannya perlu waktu lama, dan baunya cukup kuat.

Cat Khusus atau Specialty Paints

Dirancang untuk kebutuhan khusus tertentu, dengan tambahan fitur keamanan atau kesehatan. Seperti yang berikut.

Cat Anti Slip

mengandung aditif guna mencegah permukaan menjadi licin.

Cat Tahan Panas

Dirancang untuk area yang terkena suhu tinggi.

Cat Antimikroba

Mengandung bahan yang mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

Pergunakan cat keramik sesuai kebutuhannya.

admin Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *