4 (Empat) Ciri-ciri Harga Genset Murah

daftar harga genset
admin Avatar

Genset atau generator set adalah pemasok daya listrik alternatif pada saat pasokan arus listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) belum tersambung ataupun sudah tersambung namun sedang mengalami gangguan. Sehingga penting suatu bangunan rumah atau kantor menyediakan genset, dan genset itu haruslah sesuai serta mampu memenuhi kebutuhan berbagai peralatan listrik yang digunakan sehari-hari pada bangunan tersebut. Berikut ini adalah pedoman dalam memilih daftar harga genset murah.

Kapasitas Sesuai dengan Kebutuhan

Kapasitas genset perlu diperhatikan,.pada saat hendak membeli genset. Suatu genset akan mengalami kendala berapapun harganya jika kapasitasnya tak sesuai dengan total kebutuhan daya listrik yang diperlukan pada suatu bangunan. Apabila kapasitas gensetnya terlalu kecil maka tak akan bisa digunakan, genset tersebut akan sering mati. Juga apabila kapasitas gensetnya terlalu besar maka hal ini akan menimbulkan pemborosan. Oleh karenanya sebelum membeli genset maka hendaknya hitung dulu total kebutuhan berbagai peralatan listrik yang sering digunakan di suatu bangunan. Dalam hal ini seperti lampu, pompa air, AC, hingga kulkas, rice cooker, komputer, printer, mesin fotokopi, juga microwave, juicer, hair dryer, oven listrik, kompor listrik, setrikaan, mesin cuci dan lain sebagainya. Satuan hitungnya yang dalam watt (W) perlu dikonversi dulu menjadi kilovolt ampere (kvA) satuan kapasitas gebset, dengan rumus, 

Total Kebutuhan Daya Listrik (W) / 0,8 = Kapasitas Genset (kvA)

Semakin rendah kapasitas genset yang diperlukan maka akan semakin murah harganya. Sebaliknya semakin besar kapasitas gensetnya maka akan cenderung semakin mahal harga gensetnya.

Jenis Bahan Bakar Genset

Genset berbahan bakar gas biasanya harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan daftar harga genset bensin atau genset solar. Sedangkan daftar harga genset solar memang cenderung sedikit lebih mahal harga investasi awalnya jika dibandingkan harga genset bensin. Apalagi bakar bensin akan lebih mudah didapatkan, namun kapasitas gensetnya bisanya lebih terbatas pilihannya. Juga lebih besar risiko terbakarnya dan lebih mahal harga bensin dibanding harga solar. Juga dari segi pemakaian maka genset bensin akan memerlukan biaya yang lebih besar, yaitu sekitar 7 ribu Rupiah per Liter, sedangkan solar hanya sekitar 5 ribu Rupiah per liter.

Tipe Genset

Genset tipe open biasanya akan lebih murah harganya jika dibandingkan harga genset silent yang telah dilengkapi dengan rumah genset peredam suara, juga dengan harga genset portable yang lebih ringkas dan telah dilengkapi dengan roda, yang memudahkannya dalam pemindahan lokasi penempatannya.

Merk Genset

Genset merk terkenal biasanya harganya lebih mahal karena biaya promosinya akan dibebankan pada para konsumen penggunanya. Namun kualitasnya biasanya lebih bisa diandalkan. Lebih mudah menemukan sparepartnya juga lebih bagus dan cepat dalam layanan purna jualnya, serta lebih panjang masa garansinya. Sebaiknya jangan korbankan masalah kualitas genset. Sehingga jika berhasil menemukan merk baru dengan kualitas yang sama bagusnya dengan harga yang lebih murah maka ini akan sangat menguntungkan.

Perhatikan beberapa hal diatas pada saat hendak memilih daftar harga genset yang murah.

admin Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *